Mahasiswa Universitas Pamulang Perkenalkan Augmented Reality dalam Pembelajaran di MAS Miftahul Khaer

Kabupaten Tangerang, 22 Mei 2025 — Mahasiswa Universitas Pamulang sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema:
“Pemanfaatan Augmented Reality dengan Assembler Studio pada Media Pembelajaran.”

Kegiatan ini dilaksanakan di MAS Miftahul Khaer dan bertujuan untuk mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi, khususnya melalui pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam mendukung materi pelajaran agar lebih interaktif dan mudah dipahami oleh siswa.

Teknologi untuk Pendidikan yang Lebih Menarik

Dalam kegiatan ini, mahasiswa mengenalkan Assembler Studio, sebuah platform AR user-friendly yang memungkinkan guru dan siswa membuat media pembelajaran berbasis objek 3D tanpa kemampuan pemrograman.

“Kami ingin membantu sekolah mengintegrasikan teknologi terkini ke dalam proses belajar-mengajar agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami,” ujar Meza Riza A, ketua tim PKM dari Program Studi Teknik Informatika.

Kegiatan Interaktif dan Respons Positif

Kegiatan dikemas secara interaktif dan aplikatif, di mana siswa dan guru dapat mencoba langsung menggunakan aplikasi AR, membuat konten sederhana, serta memindai gambar untuk menampilkan model 3D seperti organ tubuh manusia dan tata surya.

Siswa terlihat sangat antusias, begitu pula dengan guru yang menyambut baik pendekatan teknologi ini sebagai media bantu dalam mengajar.

“Belajar jadi lebih menarik, karena kami bisa langsung melihat dan memahami konsep yang biasanya hanya ada di buku,” ungkap salah satu siswa.

Kolaborasi dan Dampak Berkelanjutan

Sebagai bentuk tindak lanjut, tim mahasiswa juga menyerahkan modul pelatihan AR dan tutorial penggunaan Assembler Studio kepada pihak sekolah. Kegiatan ini menjadi bagian nyata kontribusi mahasiswa Universitas Pamulang dalam mendukung digitalisasi pendidikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top